Wednesday, May 16, 2012

Resep Es Pisang Ijo



Resep Es Pisang Ijo - Lezatnya oleh-oleh asal makasar ini, es pisang ijo, paling banyak disukai. Apalagi kalau suasana bulan ramadhan, paling enak buat teman berbuka puasa. Bahannya sederhana, berbahan dasar pisang, santan dan tepung beras. Cara membuatnya juga tidak begitu ribet.

Buat kamu yang lagi hayalin nikmatnya es pisang ijo, namun gak kunjung ketelan hehe.. karena jauh di makasar. Dibawah adalah Resep Es Pisang Ijo ala Dapurnya Radja, nemu pas lagi jalan-jalan di blog tetangga. Semoga bermanfaat, jangan lupa bagi-bagi dan kasih kabar gimana nikmatnya es pisang ijo.

Bahan Kulit Es Pisang Ijo :

- 2 gelas tepung beras
- 2 gelas air minum
- 1 sdm pasta pandan
- 1/2 sdt garam
- Pisang Raja 7 buah (kukus bersama kulitnya)
- minyak goreng 1 sdm
- Daun pandan 1 lembar
- Gula pasir 250 gr
- Santan 750 cc
- Tepung terigu 150 gr

Pelengkap Es Pisang Ijo :

- Susu Kental Manis
- Kacang tanah sangrai beri gula pasir setelah ditumbuk kasar
- Sirup cocopandan

Cara Membuat Es Pisang Ijo

Cara Membuat Kulit Es Pisang Ijo :

1. Masak air dengan garam hingga mendidih, tuang tepung beras kedalam baskom, masukan air yg telah mendidih tadi kedalam baskom yg ada tepung berasnya aduk dengan centong kayu campurkan juga pasta pandan aduk hingga kalis/ tercampur rata, sisihkan hingga suam2 ku/ hangat.

2. Ambil plastik bentangkan dimeja, taruh sedikit minyak goreng diatas plastik (agar adonan tidak lengket), ambil 3 sdm adonan kulit tadi ratakan diatas plastik tipiskan dan letakkan pisang (yg telah dikukus dan dikupas) balut pisang dengan kulitnya dan bentuk menyerupai pisang kemudian siapkan dandang dan kukus pisang ijo kira2 10 menit angkat.

Cara Membuat Kuah/Bubur Es Pisang Ijo :

Campur santan dengan tepung terigu dan gula dan masukan daun pandan, masak diatas kompur dengan api sedang sambil diaduk2 hingga mendidih, angkat dan siap disajikan.

Cara Menyajikan Es Pisang Ijo :

Ambil 1 buah pisang ijo, iris serong tipis, taruh diatas piring, risam dengan kuah/bubur dan hidangkan dengan pelengkap sirup, susu kental manis dan kacang tanah sangrai.
Loading...

0 comments:

Post a Comment