Monday, September 17, 2012

Resep Sayur Lodeh Nangka



Resep Sayur Lodeh Nangka - Sayur lodeh nangka yang berbahan dasar nangka muda merupakan sayuran favorit dikala makan siang dan malam. Resep yang berasal dari jawa ini, dikenal dengan sebutan "jangan lodeh". Merupakan resep tradisional yang sudah sangat populer sejak jaman dulu.

Untuk melengkapi resep sebelumnya resep sayur bayam bening biar ada fariasi sayur hehe. Maka, dibawah ini adalah resep sayur lodeh nangka berbahan dasar nangka muda. Semoga bermanfaat dan menjadi resep favorit keluarga.

Bahan Sayur Lodeh Nangka

- 200 gram nangak muda (saya beli dipasar deket rumah harganya cuma 1500)
- 150 gram tempe (dipotong kotak2 kecil2)
- 3 lembar daun salam
- laos seukuran ibu jari di memarkan
- 400 ml santan
- 300 ml air

Bumbu Halus

- 1 sdt ketumbar
- 1 ruas jari kunyit
- 8 siung bawang merah
- 2 siung bawang putih
- 5 butir kemiri
- 2 biji cabe hijau
- 2 biji cabe merah
- 2 biji cabe rawit (kalau ingin lebih pedas bisa ditambahkan sesuai selera)
- 2 sdt garam
- 1/2 sdt terasi dibakar (saya bakar diatas kompor sampe keluar asap dan aroma terasinya tercium dari asap yang keluar dari terasi)

Cara Membuat Sayur Lodeh Nangka

1. Potong kecil-kecil nangka muda, lalu rebus hingga empuk, (saya merebus nangka muda sekitar kurang lebih satu jam apabila airnya berkurang saya tambah lagi, pokoknya sampe nangka mudanya benar-benar empuk dan bewarna coklat). Lalu angkat dan ditiriskan.
2. Haluskan bumbu halus (saya memulai dengan mengulek garam dan ketumbar, lalu saya masukkan bawang putih/merah, kunyit dan cabe, setelah itu saya masukkan kemiri dan yang terakhir terasi bakar lalu diulek sampe bener-bener halus)
3. Tumis bumbu halus hingga setengah matang, lalu masukkan daun salam dan laos, tumis hingga bumbu berwarna kecoklatan.
4. Masukkan sayur nangka di tumis sebentar lalu masukkan tempe dan air masak sekitar kurang lebih 5 menit.
5. Masukkan santan lalu dimasak hingga mendidih dan matang.
Loading...

0 comments:

Post a Comment